7 Jenis Pasar Yang Mungkin Hanya Ada Di Indonesia

Baca Juga

Harian Pati - Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya pasar, yaitu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa pasar yang mungkin hanya bisa anda temui di Indonesia?
Berikut ini beberapa jenis pasar yang mungkin hanya ada di Indonesia:
  • Pasar Hari Pasaran (Paing, Wage, Pon dan lainnya)
Dinamakan Pasar hari pasaran karena pasar jenis pasar ini hanya ramai atau ada aktifitas jual beli saat pasaran tertentu. Pasar jenis ini biasanya ditemui di beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah. Contohnya pasar kliwon yang ada di Kudus, Pasar ini akan mencapai puncak keramaian jika bertepatan dengan pasaran kliwon pada perhitungan hari pasaran jawa.
  • Pasar Hari
Hampir sama dengan pasar hari pasaran, pasar hari hanya akan ramai pada hari-hari tertentu. Contohnya pasar senin.
  • Pasar Malam
Pasar malam ini biasanya menjadi sarana hiburan rakyat. Selain banyak pedagang yang berjualan, pasar malam juga biasanya diikuti dengan hadirnya beberapa wahana permainan. Selain itu, pasar malam hanya buka dan beraktifitas di waktu malam dan selalu berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.
  • Pasar loak
Pasar ini biasanya hanya menyediakan barang-barang bekas dari berbagai jenis. Pasar jenis ini banyak ditemui diberbagai wilayah di Indonesia terutama di Pulau Jawa.
  • Pasar Gelap
Pasar jenis ini biasanya menjual barang barang ilegal. Barang yang dijual disini biasanya barang baru dari negara lain yang masuk tanpa distribusi resmi. Walaupun baru, barang-barang yang dijual disini biasanya lebih murah karena tidak melewati cukai sehingga tidak dikenai pajak. Selain itu, barang-barang yang dilarang peredarannya oleh pemerintah bisa ditemui disini.
  • Pasar Maling
Pasar jenis ini biasanya menjual barang-barang hasil curian dengan harga yang sangat murah. Hampir sama dengan pasar gelap, pasar jenis ini juga sering kucing-kucingan dengan petugas.
  • Pasar Hewan
Pasar jenis ini biasanya hanya menjual satu jenis hewan saja. Seperti pasar burung, pasar ikan, pasar kambing dan lain-lain. walaupun kadangkala jenis hewan lain juga ditemui dipasar jenis ini.

0 Response to "7 Jenis Pasar Yang Mungkin Hanya Ada Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel