Sejarah Penemuan Kompor

Baca Juga

Harian Pati - Mungkin kompor sudah sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari. Tapi tahukah anda siapa dan kapan kompor ditemukan?

Tidak ada data waktu yang jelas kapan manusia mulai menggunakan api untuk memasak makanan?, Namun saat manusia menggunakan api untuk mengolah makanan adalah saat dimana peradaban dimulai.

Bangsa timur seperti Cina, Korea dan jepang justru lebih dulu mengenal kompor dibandingkan dengan Bangsa Barat.

Bangsa Cina sudah memasak menggunakan tungku sejak zaman dinasti Qin (221-207 SM) yang mana saat itu mereka jika memasak menggunakan tungku api yang terbuat dari tanah liat. Desainnya sudah mirip dengan Kamado di Jepang pada periode kerajaan Tofun (sekitar abad ke-3). Tungku api yang digunakan biasanya berbentuk kotak atau bulat dengan lubang diataasnya untuk menaruh panci dengan bahan bakar kayu atau batu bara yang dimasukkan lewat lubang yang ada dibagian atas.

Penduduk Eropa pada Abad pertengahan masih memasak secara terbuka dengan kayu bakar dan berkembang dengan mengeruk tanah untuk memasak. Setelah itu mereka juga memasak dengan tumpukan batu yang disusun. Baru ketika diketemukannya tehnik memasak dengan perapian yang dilengkai cerobong asap yang membuat aktifitas memasak bisa dilakukan sambil berdiri.

Kompor minyak tanah portable pertama kali diperkenalkan oleh Alexis Soyer pada tahyn 1849 dengan kompor buatanya yang menggunakan minyak tanah yang dicampur dengan tekanan udara seperti yang dipakai oleh pedagang kaki lima sebelum beralih menggunakan gas.

Kompor minyak tanah juga ada yang tidak bertekanan.Tapi siapa yang menemukan kompor jenis ini kurang begitu ada catatan yang bisa menjadi rujukan.

Kompor Gas pertama kali dibuat tahun 1820 namun maasih dalam bentuk Prototipe dan masih dirahasiakan. Kompor gas baru dipamerkan pertama kali pada world fair di London pada tahun 1851. dan mulai diproduksi masal sekitar tahun 1880.

Pada tahun 1859, George B. Simson, seorang Warga Amerika mematenkan kompor listrik yang menggunakan pemanas dari bahan kumparan listrik.

Pada tahun 1970 kompor listrik mulai tergerus oleh ditemukannya kompor yang menggunakan teknologi Glass Ceramic sebagai pemanas sehingga tidak berbau, berasap dan ringkas.

0 Response to "Sejarah Penemuan Kompor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel