Misteri Dan Keanehan Pada Candi Sukuh, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Baca Juga

Harian Pati - Tidak jauh dari Candi Cetho terdapat juga sebuah candi dengan bentuk arsitektur, Patung dan relief yang tak jauh berbeda dengan yang ada di Candi Cetho. Dinamakan dengan nama Candi Sukuh, karena bangunan candi tersebut terletak di Dusun Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso yang masih turut Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Sama dengan Candi Ceho, Candi Sukuh juga terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1.186 mdpl. Keunikan dan keanehan pada bangunan candi ini adalah terdapat beberapa kesamaan dengan bentuk bangunan yang ada di Saqqara Mesir, Chichen Itza dan Tenochtian di Mexico serta Copan di Honduras.

Selain itu, pada Kawasan Candi Sukuh terdapat arca/patung yang memiliki bentuk badan seperti manusia akan tetapi memiliki sayap, tapi sayangnya kepala patung tersebut sudah hilang. Namun masih ada patung yang terdapat di belakang Kawasan Candi Sukuh yang masih lengkap yang menggambarkan sosok manusia bersayap dengan bentuk kepala yang menyerupai burung.

Sosok yang digambarkan oleh patung tersebut memiliki kemiripan dengan patung yang berasal dari peradaban bangsa Maya, literasi kuno yang dimiliki Bangsa Yahudi serta relief dan patung yang dimiliki oleh Bangsa Sumeria, Babilonia dan Assyrian.

Jadi yang menjadi pertanyaan, ada hubungan apakah di masa lalu antara leluhur bangsa kita dengan bangsa Maya, bangsa Sumeria, Babylonia, Assyrian dan spesies manusia berkepala burung ?

Dan apakah manusia berkepala burung memang betul-betul ada dimasa lalu?. Trus apa hubungan antara manusia berkepala burung dengan burung garuda yang menjadi lambang negara kita?



*Sumber Kajian Turangga Seta

0 Response to "Misteri Dan Keanehan Pada Candi Sukuh, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel