Ingin Bekerja di Amerika?Anda Harus Tahu Informasi ini

Baca Juga

Harian Pati - Sebelum anda bekerja di negara lain sebaiknya anda sudah mengetahui sedikit informasi tentang negara tujuan tersebut baik itu terkait lowongan yang tersedia, gaji, bahasa, budaya dan yang lainnya. Dan bagi anda yang berminat untuk bekerja dengan negara tujuan Amerika Serikat (USA), berikut ini sedikit informasi yang semoga bermanfaat bagi anda.

PROFIL SINGKAT AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat beribukota di Washington D.C. terletak di di 38 00 N, 97 00 W dengan luas wilayah daratan utama Amerika Serikat adalah 2,959,064 square mile (7,663,941 km2). Wilayah Alaska, yang terpisah dari daratan utama Amerika Serikat oleh oleh Negara Kanada, merupakan negara bagian terluas, dengan luas wilayah 663,268 square mile (1,717,856 km2). Sedangkan Hawai yang berlokasi di tengah-tengah Samudra Pasifik, terletak di sebelah barat daya Amerika Utara, dengan luas wilayah 10,931 square mile (28,311 km2) berpenduduk  323,995,528 jiwa (July 2016 est)

Wilayah daratan yang terletak di sebelah pesisir Atlantik merupakan hutan gugur dan perbukitan Piedmont. Sedangkan Pegunungan Appalachian membagi pantai timur Amerika Serikat menjadi dua bagian, yaitu kawasan Danau-Danau Besar dan padang rumput Midwest. Amerika Serikat memiliki sungai yang merupakan sungai ke 4 terpanjang di Dunia yaitu Sungai Mississippi–Missouri, yang membelah Jantung Kota Amerika Serikat dari sisi Utara ke Selatan. Di sebelah barat, membentang padang rumput Great Plains yang subur dan datar, dan diujungnya terdapat dataran tinggi di sebelah tenggara.

Secara Geografis, Amerika terletak di belahan bumi bagian Utara sehingga mempunyai empat musim yaitu: Musim Gugur (23 September – 20 Desember), Musim Dingin (21 Desember – 20 Maret), Musim Semi (21 Maret – 20 Juni) dan Musim Panas (21 Juni – 22 September). Dengan Wilayah yang besar dan luas serta memiliki keadaan geografis yang beragam, Amerika Serikat juga memiliki berbagai tipe iklim antara lain:
Di sebelah timur meridian ke-100, iklimnya berkisar antara kontinental lembap di sebelah utara hingga subtropis lembap di sebelah selatan. di Wilayah selatan Florida yang lebih dekat dengan Katulistiwa beriklim tropis, hampir sama dengan kepulauan Hawai. Wilayah Great Plains yang terletak di sebelah barat meridian memiliki iklim semi-kering. Selain itu beberapa wilayah yang terletak di bagian barat memiliki iklim Alpen

Untuk wilayah di sekitar Great Basin rata rata beriklim kering, wilayah sekitar barat daya memiliki iklim gurun, sementara pesisir California beriklim Mediterania, dan Oregon beriklim iklim laut, Washington, dan Alaska selatan. Sebagian besar Alaska beriklim subarktik atau kutub dengan cuaca yang sangat ekstrem. untuk negara-negara bagian yang berbatasan langsung dengan Teluk Meksiko,  rentan terhadap badai; sebagian besar tornado di dunia terjadi di Amerika Serikat, terutama di Tornado Alley, Midwest.

4 Perbedaan Waktu Indonesia dengan Pembagian Waktu Amerika Serikat :

  1. Perbedaan Waktu yang terjadi di Indonesia dan Eastern Standard Time (EST) yang hampir meliputi semua negara bagian yang berada di wilayah Pantai Timur. memiliki selisihnya 12 jam lebih cepat. sehingga jika di Jakarta pukul 12.00 siang, maka di New York adalah pukul 00.00 tengah malam. Perhitungan Zona waktu EST berpedoman pada sistem zona waktu UTC-5.
  2. Sedangkan Perbedaan Waktu antara Wilayah Indonesia dengan Central Standard Time (CST)yang berlaku di negara-negara bagian yang berdekatan dengan Teluk Meksiko, Lembah Tennessee dan Dataran Raya. Zona waktu CST berpatokan pada sistem UTC-6. Dengan selisih waktu antara WIB dengan CST adalah 13 jam.Jika di Jakarta sekarang pukul 12.00 siang hari Senin, maka di Minnesota pukul 23.00 malam hari Minggu.
  3. Sedangkan Perbedaan Waktu Indonesia dan Mountain Standard Time (MST) yang berlaku di negara-negara bagian sekitar Wilayah Pegunungan Rocky. Memiliki perbedaan waktu antara  14 jam. Jika di Jakarta pukul 12.00 siang hari Minggu maka di Arizona pukul 22.00 malam hari Sabtu.
  4. Sedangkan Perbedaan Waktu Indonesia dan Pacific Standard Time yang berlaku di negara-negara bagian yang berdekatan dengan Nevada dan Samudra Pasifik. Perbedaan waktunya 15 jam. Berarti jika di Jakarta pukul 12.00 siang hari Minggu, maka di Alaska pukul 21.00 malam hari Sabtu.
Sebagai Negara Super Power dan Adidaya, Secara umum kondisi keamanan negara Amerika Serikat adalah yang paling stabil. Sedangkan dibidang ekonomi, karena dollar menjadi mata uang yang banyak digunakan di seluruh dunia maka Amerika menjadi kiblat perekonomian. Mata uang yang digunakan adalah Dolar Amerika Serikat (US$) (USD) dengan 1 USD = 13325 Rupiah Indonesia (IDR)

Amerika Serikat menerapkan sistem ekonomi kapitalis campuran yang didukung oleh ketersediaan sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur yang dikembangkan dengan baik, dan produktivitas yang tinggi.Menurut International Monetary Fund (IMF), PDB AS adalah $15,1 triliun, atau sekitar 22% dari produk dunia bruto, dan dengan nilai pertukaran pasar hampir 19% dari total produk dunia bruto menurut keseimbangan kemampuan berbelanja (KKB). Sehingga angka ini merupakan yang terbesar di dunia; PDB nasional AS hanya 5% lebih kecil dari total PDB Uni Eropa yang jumlah populasinya 62% lebih banyak. Di antara negara-negara lainnya, Amerika Serikat menempati peringkat ke-9 di dunia menurut PDB nominal per kapita dan peringkat 6 menurut PDB (KKB) per kapita. Dolar Amerika Serikat adalah cadangan mata uang utama di dunia.

Amerika Serikat merupakan importir barang terbesar pertama dan eksportir terbesar kedua di dunia, meskipun ekspor per kapita nya masih agak rendah. Sekitar tahun 2010, Amerika memiliki Defisit total defisit perdagangan Amerika Serikat adalah $635 biliun dengan minyak bumi menjadi komoditas impor terbesar dan alat transportasi dan senjata perang merupakan komoditas ekspor terbesar Amerika Serikat.
GDP per kapita pada tahun 2016 yaitu $57,300
GDP official exchange rate pada tahun 2015 yaitu $18.56 trillion
GDP real growth rate tahun 2016 : 1.6%

Biaya hidup di Amerika Serikat adalah 84,34% lebih tinggi dibandingkan di Indonesia (data agregat untuk semua kota, sewa tidak diperhitungkan). Iklan di Amerika Serikat adalah 252,88% lebih tinggi daripada di Indonesia (data rata-rata untuk semua kota).

Dengan sistem pemerintahan Konstitusional Republik Federal dan menganut sistem hukum umum berdasarkan hukum umum Inggris di tingkat federal; sistem hukum negara berdasarkan Common Law kecuali Louisiana, yang didasarkan pada kode sipil Napoleon; judicial review tindakan legislatif.

Sistem Hukum Ketenaga Kerjaan
  • The Fair Labor Standards Act ( FLSA) ? wages & hours
  • The Occupational Safety and Health ( OSH) Act ? workplace safety and health
  • The Long shore and Harbor Workers’ Compensation Act (LHWCA)
  • The Energy Employees Occupational Illness Compensation Program Act (EEOICPA)
  • The Federal Employees’ Compensation Act (FECA)
  • The Black Lung Benefits Act (BLBA)
  • The Employee Retirement Income Security Act (ERISA)
  • The Labor-Management Reporting and Disclosure Act (LMRDA)
  • The Consumer Credit Protection Act (CCPA)
  • The Family and Medical Leave Act (FMLA)
  • The Veterans' Employment and Training Service (VETS)
  • The Migrant and Seasonal Agricultural Worker Protection Act (MSPA)
  • The Federal Mine Safety and Health Act of 1977
  • The Worker Adjustment and Retraining Notification Act (WARN)
Untuk Peluang Kerja yang tersedia di Amerika Serikat USA bagi WNA antara lain: Hospitality (Spa Therapist, Chef, Hotel Staff)

Bahasa Resmi yang digunakan di Amerika Serikat adalah bahasa inggris. Sebagai negara multikultural, tempat tinggal bagi berbagai kelompok etnik, tradisi, dan nilai-nilai. Sebagian kecil penduduk asli Amerika dan penduduk asli Hawai, kebanyakan penduduk Amerika berasal dari nenek moyang yang bermigrasi ke Amerika Serikat pada zaman dahulu. Tradisi dan Budaya utama Amerika berasal dari adat Barat yang bersumber dari tradisi imigran Eropa (Inggris di Utara dan Spanyol di Selatan) yang kemudian tercampur oleh berbagai sumber seperti tradisi yang dibawa oleh budak-budak Afrika. Datangnya migran bangsa Asia dan Amerika Latin juga turut memperkaya khasanah budaya Amerika Serikat. Para pendatang ini tetap mempertahankan karakteristik budaya asli mereka.

Adat istiadat dan budaya Amerika dianggap sebagai kebudayaan yang paling individualistik di dunia dengan konsep "American Dream", dengan anggapan bahwa kehidupan sosial di Amerika lebih baik dan impian setiap orang sehingga banyak imigran yang berebut datang ke sini. Meskipun selalu menggembar gemborkan slogan bahwa Amerika Serikat adalah negara dengan masyarakat tanpa kelas, dari beberapa kali penelitian ditemukan perbedaan kelas sosial yang signifikan di negara itu, perbedaan ini tampak dalam segi sosialisasi, penggunaan bahasa, dan nilai-nilai serta yang paling menonjol adalah ekonomi

Warga Amerika kelas menengah dan profesional telah memelopori dan memperkenalkan tren-tren sosial kontemporer seperti feminisme modern, environmentalisme, dan multikulturalisme. Citra diri, sudut pandang sosial, dan ekspektasi budaya warga Amerika telah dikaitkan dengan pencapaian dan kemajuan Amerika Serikat. 

Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations di New York
Alamat   : 325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Phone    :  1-212-972-8333
Fax        :  1-212-972-9780
Email    : ptri@indonesiamission-ny.org
Map Location:
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington D.C
Alamat   : 2020 Massachusetts Avenue, NW Washington, DC 20036
Phone    : +1 (202) 775 5200
Website :  infokonsuler@embassyofindonesia.org
Map Location:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) di Houston
Alamat   : 10900 Richmond Avenue, Houston, Texas 77042, United States of America
Phone    :  (1-713) 785-1691
Fax        : (1-713) 780-9644
Hotline   :    (1-346) 932-7284
Email    : kjrihouston@prodigy.net
Website : http://houston.kemlu.go.id
                www.indonesiahouston.net
Map Location:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) di Los Angeles
Alamat   : 3457 Wilshire blvd, Los Angeles, CA 90010
Phone    :  (213) 383-5126, 383-5127, 383-5128
                  (213) 738-9803 
(khusus Pelayanan Konsuler dan Imigrasi)
Fax        :  (213) 487-3971
Email     :   kjri@kjri-la.net
twitter     : @kjrilosangeles
Map Location:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) di New York
Alamat   : 5, East 68th Street, New York, NY 10065 USA, United States of America
Phone    :  +1 212-879-0600 to 604
Fax        :  +1 212-570-6206
Website : http://newyork.kemlu.go.id
HOTLINE PELAYANAN WNI/BHI KJRI New York: +1 347-806-9279
Map Location:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) di San Francisco
Alamat   : 1111 Columbus Avenue San Francisco, CA 94133
Phone    :  +1 (415) 474-9571
Fax        :  +1 (415) 441-4320
Email    : konsuler@kjrisfo.net (Pelayanan Kekonsuleran)
              consulate@indonesia-sanfrancisco.net (Umum)
              ekonomi@kjrisfo.net (Ekonomi)
Map Location:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KBRI) di Chicago
Alamat   : 211 West Wacker Drive , 8th Floor, Chicago, Illinois, 60606
Phone    :  1-312-920-1880
Fax        :  1-312-920-1881
Email     :  a.   Bagian kekonsuleran (paspor, visa, dan sebagainya):
                      consular@indonesiachicago.org
                 b.  Bagian ekonomi : economy@indonesiachicago.org
                 c.  Bagian pensosbud: information@indonesiachicago.org
Map Location:
Konsulat Kehormatan Republik Indonesia (KBRI) di Hawaii
Alamat : 1001 Bishop Street, ASB Tower, Suite 2970, Honolulu, HI 96813, United States of America
Phone : (1-808) 531-3017
Fax : (1-808) 531-3177
Map Location:

1 Response to "Ingin Bekerja di Amerika?Anda Harus Tahu Informasi ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel