Ingin Bekerja di Italia?Informasi Ini Harus Anda Ketahui

Baca Juga

Harian Pati - Sebelum anda bekerja di negara lain sebaiknya anda sudah mengetahui sedikit informasi tentang negara tujuan tersebut baik itu terkait lowongan yang tersedia, gaji, bahasa, budaya dan yang lainnya. Dan bagi anda yang berminat untuk bekerja dengan negara tujuan Italia, berikut ini sedikit informasi yang semoga bermanfaat bagi anda.

Profil Singkat Italia

Italia adalah salah satu negara yang terletak di Eropa Selatan, dan berada di Semenanjung Italia yang memiliki bentuk seperti sepatu both serta dengan sejumlah pulau diantaranya dua yang terbesar yaitu Sisilia dan Sardinia. Negara dengan penduduk 62,007,540 (July 2016 est.) itu secara geografis terletak antara 35°LU, dan 47°LU, dan 6°BT, dan 19°BT dengan luas total wilayah negara ini adalah 301.230 km², 294.020 km² di antaranya berupa daratan, dan 7.210 km² sisanya adalah perairan. Termasuk pulau-pulaunya, Negara Italia memiliki total garis pantai, dan perbatasan sepanjang 7.600 km; yaitu terletak di Laut Adriatik, Laut Ionia, Laut Tirenia (740 km), dan perbatasan dengan Perancis (488 km), Austria (430 km), Slovenia (232 km), dan Swiss (740 km); serta San Marino (39 km), dan Vatikan (3,2 km), kedua-duanya merupakan enklave.

Seperti negara-negara Eropa pada umumnya, Italia memiliki 4 musim yaitu musim gugur, musim dingin, musim semi, dan musim panas.
Kota Milan yang terletak di tengah dan pangkal utara peninsula Italia memiliki Suhu tertinggi dimusim gugur adalah 18°C (Oktober). Sedangkan pada musim dingin. Salju biasanya turun selama lebih kurang 7 hari per tahun. Dengan suhu rata-rata pada bulan Desember s.d. Januari adalah berkisar 7°C (suhu terendah antara -3°C s.d. -4°C). Suhu pada musim semi adalah 13°C (Maret), 17°C (April) dan 21°C (Mei). Cahaya matahari lebih banyak menyinari Negara Italia pada musim semi dibandingkan dengan musim gugur. Di musim panas, suhu rata-rata harian 21°C. Juli dan Agustus adalah bulan-bulan yang memiliki suhu paling tinggi (28°-29°C).

Sedangkan di Ibu Kota Italia Roma yang terletak di tengah pesisir barat jarang sekali turun salju. Suhu pada musim panas (Juni-Agustus) sekitar 25°C-30°C, musim semi (Maret-Mei) dan musim gugur (September-November) sekitar 15°C-25°C serta musim dingin (Desember-Februari) sekitar -5°C-15°C. Sedangkan di bulan Oktober, November dan Desember umumnya sering turun hujan. Kelembaban udara rata 50%, namun pada musim panas sekitar 37%.

Italia memiliki terbagi dalam tiga kawasan secara ekonomi yaitu:
  • Industri yang terletak di Italia bagian utara, didominasi oleh perusahaan-perusahaan swasta, dan kurang berkembang (disubsidi)
  • Industri Terletak di bagian selatan Italia : di dominasi sektor pertanian, di mana pengangguran tinggi. Ekonomi Italia yang sebagian besar didorong oleh pembuatan barang-barang konsumen berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh usaha kecil dan menengah yang rata-rata berupa perusahaan keluarga.
  •  Italia juga memiliki ekonomi bawah tanah yang cukup besar, yang oleh beberapa perkiraan menyumbang sebanyak 17% dari PDB. Kegiatan ini paling umum dalam sektor pertanian, konstruksi, dan layanan.

    GDP per kapita pada tahun 2015 yaitu $35,700
    GDP official exchange rate pada tahun 2015 yaitu $1.816 trillion
    GDP real growth rate tahun 2015 : 0.8%
Dengan sistem pemerintahan Republik Parlementer dengan Sistem hukum sipil; judicial review undang-undang dalam kondisi tertentu di Mahkamah Konstitusi, Hukum Perburuhan atau Labour Law diatur dalam  Konstitusi Negara Italia.

Konstitusi berisi beberapa deklarasi prinsip-prinsip (misalnya Sect 1 - Italia adalah Republik demokratis didirikan pada tenaga kerja; Sect 4:... Republik mengakui untuk setiap warga negara berhak untuk bekerja; Sect 35 - Republik melindungi pekerjaan dalam segala bentuk dan aplikasi).
Beberapa aturan yang lebih efektif, sebagian besar digunakan dalam kasus-hukum: Sect. 36 - di bayar adil, jam maksimum bekerja, membayar liburan mingguan dan tahunan (nomor 5, 6 dan 11); Sekte. 37 - tentang perlindungan perempuan dan anak di bawah umur pada pekerjaan (nomor 7 dan 9); Sekte. 38 - pada asuransi sosial untuk hari tua, sakit, cacat, penyakit industri dan kecelakaan, Sekte. 39 - Kebebasan Berserikat (nomor 12); Sekte. 40 - pada hak mogok (nomor 15)

Sektor kerja : 
  1. Konstruksi, 
  2. Pertanian/ Perbekebunan, dan 
  3. Manufaktur
Transportasi dari Indonesia menuju Italia dapat menggunakan
  • Dapat menggunakan Pesawat KLM Royal Dutch Airlines transitnya di Kuala lumpur  dan transit lagi di Amsterdam kemudian, ke Italia (Roma).
  • Jika menggunakan Pesawat Singapore Airlines, transitnya di singapura (ganti pesawat) kemudian ke Italia (Roma)
  • Jika menggunakan pesawat Etihad Airways maka transit terlebih dahulu ke Abu Dabi (Uni Emirat Arab) kemudian ke Italia.
    Transportasi dalam kota dapat menggunakan Taksi, Bis umum, dan Kereta.
Dengan Stabilitas ekonomi dan keamanan yang baik, Italia adalah salah satu negara maju menjadi salah satu tujuan kerja dari negara-negara berkembang. Mata Uang Italia Euro (EUR) dengan 1 EUR = 14.077 Rupiah Indonesia (IDR), 
  • Bahasa Resmi di Italia adalah bahasa Italia
  • Umumnya warga Italia mempunyai sifat terbuka dan toleran khususnya terhadap para pendatang. Orang Italia sangat ramag, senang disapa dan menyapa orang lain dengan sapaan Buongiorno (selamat pagi/siang) dan Buonasera (selamat sore/malam) bila bertemu orang lain. Panggilan Signore (Bapak) atau Signora (Ibu) digunakan untuk menyapa seseorang.
  • Kelompok Etnik: Italia, termasuk kelompok kecil Jerman, Prancis, dan Slovenia-Italia di utara, Albania-Italia dan Yunani-Italia di selatan.
Biaya hidup di Italia adalah 109,99% lebih tinggi daripada di Indonesia (data agregat untuk semua kota, sewa tidak diperhitungkan). Iklan di Italia adalah 92,68% lebih tinggi dibandingkan di Indonesia (data rata-rata untuk semua kota).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma merangkap Malta, Siprus, San Marino, sera FAO, IFAD, WFP, UNIDROIT
Alamat   : Via Campania 55, 00187 Roma, Italia
Phone    : +39 06 4200911
Fax        : +39 06 4880280
Email     :  roma.kbri@kemlu.go.id      
                 indorom@indonesianembassy.it
Pelayanan Konsuler : visa.roma@indonesianembassy.it
Map Location:
Perbedaan Waktu Indonesia dengan Italia :
Dari bulan akhir Oktober sampai akhir April : selisihnya 6 jam, kalau di Jakarta Pukul 12.00 maka di Italia Pukul 06.00
Bulan Mei sampai akhir Oktober: selisihnya 5 jam, kalau di Jakarta Pukul 12.00 maka di Italia Pukul 07.00

Bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat sehingga bisa memberi manfaat bagi orang lain

0 Response to "Ingin Bekerja di Italia?Informasi Ini Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel