Header Ads

Waduk Gunungrowo Pati, Menjadi Destinasti Wisata Yang Lebih Menarik


Pati, Berwisata di Waduk atau Bendungan Gunung Rowo yang terletak di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Pati Jateng lebih menarik dan menjanjikan. Panorama pemandangan serta berbagai fasilitas pendukung saat ini telah mulai tertata dengan baik.

Di Lokasi waduk Gunung Rowo saat ini terasa lain karena pihak pengelola telah memberikan berbagai panorama pendukung yang lebih menarik dan hidup. Selain pengunjung bisa menikmati panorama indahnya gunung Muria dan perbukitan Jollong juga bisa melihat perkotaan Pati dari bukitnya.
Untuk mencapai wisata Waduk Gunung Rowo sangat mudah dari pusat Kota Pati pengunjung mengambil jalur ke arah Tlogowungu terus menuju arah lokasi wisata Waduk Gunung Rowo yang masuk wilayah Kecamatan Gembong Pati. Sesampainya di lokasi wisata, tentunya wisata air di dalam bendungan menjadi daya tariknya.
Tenda-tenda para pedagang kaki lima juga dipasang apik di pinggir danau. Dari pinggir bendungan pengunjung akan mendapati warga yang tengah mencari ikan di pinggir Bendungan, baik yang telah menjala ikan, atau yang sedang memancing.
Warga dari berbagai daerah juga datang untuk menikmati rindangnya alam bendungan ini. Berwisata ke Bendungan peninggalan Belanda tersebut di sisi jalan sepanjang perjalanan pengunjung juga akan disuguhi pemandangan rumah penduduk berdampingan dengan aneka pepohonan buah dan banyak dijumpai buah jeruk pamelo khas dari Gembong Pati.
Tidak itu saja pengunjung juga bisa menikmati wahana permainan anak yang disediakan pengelola. Namun pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu jika ingin menikmati permainan dan rindangnya pepohonan. Di atas bukit tersebut, ada tulisan I Love Gunung Rowo. Tidak sedikit dari pengunjung yang berfoto atau selfi di tulisan lokasi tersebut. Namun demikian tidak sedikit yang mencoba berfoto di mercusuar di sisi danau yang dibangun sejak kolonial Belanda ini.
Selain dimanjakan dengan berbagai panorama dan sarana pendukung para pengunjung juga bisa menikmati berbagai santapan menu ikan bakar atau goreng khas bendungan beserta minuman es kelapa muda di warung warung berada di pinggir bendungana atau waduk.
Bendungan ini sendiri dibangun selama hampir tujuh tahun, sejak tahun 1918 hingga tahun 1925. Luasan lahan irigasi dari bendungan yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana ini mampu mencapai 6.025 hektare. Destinasi wisata yang ada di Pati ini wajib untuk dikunjungi karena merupakan warisan peninggalan sejarah serta memberikan nuansa yang indah untuk berwisata bersama keluarga dan kerabat.
Astuti salah satu wisatawan dari Solo mengaku puas dengan wisata di Waduk Gunung Rowo. Selain asri tempatnya juga bisa melihat bangunan peninggalan Belanda yang masih aktif digunakan untuk pengairan irigasi sawah. Gs


No comments

Powered by Blogger.