Header Ads

Dibulan Puasa ini, Waspadalah 5 Hal yang Mengganggu Kesehatan Kita



Sebentar lagi, memasuki bulan puasa Ramadan. Fisik strong dan prima selalu dibutuhkan agar kita dapat menjalani ibadah dengan baik. Namun malah sebaliknya saat bulan Ramadan, Perubahan pola konsumsi dan gaya hidup sedikit banyak bakal memengaruhi kondisi tubuh. Oleh Sebab itu, agar kita tak jatuh sakit dan tetap lancar dalam beribadah, Waspadailah 5 hal yang sering menganggu kesehatan kita pada saat bulan puasa  yaitu:
Kelelahan, Saat bulan puasa, tubuh kita biasanya bangun lebih awal dan lebih cepat pada waktu sahur dan sering tidur larut malam usai salat tarawih. Pola tidur kurang akan tetapi aktivitas tetap sama seperti hari biasanya akan membuat tubuh kita rawan kelelahan. Kelelahan itu akan membuat kantuk dan konsentrasi kita menjadi berkurang. Selain itu, saat tubuh kita kelelahan, maka tubuh kita lebih rawan terserang berbagai penyakit seperti masuk angin dan sakit kepala. Maka untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya kita mengonsumsi asupan vitamin dari sayuran dan buah-buahan atau menambah suplemen vitamin.
Asam Lambung, gangguan asam lambung/maag merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat bulan Ramadan dan asam lambung itu dapat meningkat saat perut kita lagi kosong. Oleh sebab itu, agar maag tidak terjadi pada kita sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Dan jangan lupa juga sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat meningkat asam lambung seperti kopi, soda, dan gorengan saat perut masih dalam keadaan kosong.
Dehidrasi, saat bulan puasa ramadhan, sering kali tubuh kita kekurangan cairan dan membuat dehidrasi. Apabila kebutuhan air dalam tubuh kita tak tercukupi, maka sistem kerja organ kita dapat terganggu dan dapat meningkatkan risiko penyakit. Salah satu tanda bahwa tubuh kita mengalami kekurangan air, itu dapat kita lihat misal: bibir pecah-pecah, kulit kering, sertaurine yang berwarna dan berbau. Pedoman Gizi Seimbang yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan bahwa remaja dan orang dewasa di haruskan/wajib untuk minum dua liter (sekitar delapan gelas sehari) untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita.
Batuk, hidangan yang kerap dinikmati saat berbuka puasa dan sahur, sering kali memicu terjadinya radang tenggorakan. Sebaiknya jangan banyak mengkonsumsi minuman manis dan dingin serta makanan manis dan gorengan. Hal ini dapat diganti dan di imbangi dengan konsumsi air hangat dan buah-buahan agar tidak memicu terjadinya radang tenggorokan.
Sembelit, sulit buang air besar sering juga jadi masalah saat bulan puasa. Dan pola makan yang tidak beraturan serta kurangnya asupan cairan adalah salah satu pemicu munculnya konstipasi. Agar sembelit itu tidak terjadi pada diri kita pada saat bulan puasa kali ini, maka konsumsi makanan kaya serat dan cairan. Makanan yang kaya akan serat itu, bisa didapat dari sayuran hijau dan buah-buahan dan tambahan yogurt juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa.(na)


No comments

Powered by Blogger.