Header Ads

PropellerAds

Jelang Lebaran Bank BUMN Siapkan Uang Tunai Puluhan Triliun


Harianpati.com--Bank-Bank BUMN menyiapkan uang tunai senilai puluhan triliun untuk mengantisipasi lonjakan permintaan di periode libur Lebaran 2018 yang lebih panjang.

BNI Siapkan Uang Tunai menjelang Lebaran
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) misalnya, menyiapkan tambahan uang tunai senilai Rp28 triliun atau naik sekitar 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan dipicu oleh libur Lebaran yang lebih panjang dibandingkan tahun lalu.

"(Uang tunai) kami sudah siapkan dari internal kami," ujar Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Rumahorbo di Jakarta, Rabu (23/5).

Osbal menyebutkan bahwa sekitar Rp7 triliun hingga Rp10 triliun akan disiapkan perseroan di ATM sedangkan sisanya di kantor cabang.

Senada, PT Bank Mandiri (Tbk) mengaku penyiapan uang tunai perseroan untuk lebaran tahun ini baik 13 persen menjadi Rp50 triliun. Joseph menyebutkan sekitar 80 persen dari kebutuhan uang tunai tersebut dipenuhi oleh kas internal, sisanya berasal dari penarikan di BI.

"Kesiapan uang tunai tumbuh sekitar 13 persen dibandingkan tahun lalu," ujar SEVP Chief Technology Officer Bank Mandiri Joseph Georgino Godong.

Diperkirakan Joseph, permintaan uang tertinggi bakal terjadi sekitar 10 hari sebelum Lebaran. Rencananya, sekitar 70 persen uang tunai akan disiapkan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Sementara sisanya bakal didistribusikan ke kantor cabang.

Terkait penukaran uang, selain melalui kantor cabang, nasabah juga bisa menukarkan uang di mobil kas di titik-titik penukaran hasil kerja sama dengan BI.
Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menyiapkan uang tunai senilai Rp13,7 triliun per minggu selama empat minggu hingga H+7 lebaran. Bob mengungkapkan sekitar 40 persen dari uang tunai tersebut akan dipenuhi dari kas internal, sedangkan sisanya akan ditarik dari Bank Indonesia.

"Secara tahunan, (uang tunai lebaran) naik sekitar 5 persen," ujar Direktur Manajemen Risiko BNI Bob Tyasika Ananta di Jakarta, Rabu (23/5).

Menurut Bob, BNI juga melayani penukaran uang kecil tak hanya di kantor cabang, tetapi juga melalui mobil kas yang beroperasi selama Ramadan hingga H-3 sebelum Idul Fitri 2018.

Sebagai informasi, BI tahun ini menyiapkan uang tunai sebesar Rp188,2 triliun guna mengantisipasi melonjaknya permintaan uang tunai jelang perayaan Idul Fitri 1439 H. Jumlah itu naik sekitar 15,3 persen dari jumlah tambahan uang beredar pada periode yang sama, Rp163,2 triliun.

No comments

Powered by Blogger.