Header Ads

PropellerAds

Sejarah Asal Muasal Orang Indonesia Suka Minum Susu

Harianpati.com--Bagi masyarakat Indonesia, susu sapi telah menjadi asupan penting. Bukan hanya untuk anak-anak tapi juga orang dewasa bahkan lansia.

Budaya minum susu di Indonesia sendiri baru masuk di sekitar pertengahan abad ke-19. Sejarah kehadiran susu hingga menjadi bagian dari keseharian keluarga Indonesia tak lepas dari kebudayaan khas daerah setempat.
Susu dan produk hewani lainnya telah dikonsumsi di beberapa daerah yang memiliki kebiasaan menggembala seperti sejumlah area di Sumatera dan Sulawesi.
"Kebaikan susu dan produk olahannya kemudian menjadi komoditas yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia ketika industri peternakan sapi perah mulai berkembang pada pertengahan abad ke-19," ujar Fadly Rahman, sejarawan dari Universitas Padjajaran, dalam acara Frisan Flag Indonesia MilkVersation di Veranda Jakarta, Kamis 3 Mei 2018.
Seiring berjalannya waktu, susu menjadi bagian tak terpisahkan dari pemenuhan gizi masyarakat Indonesia. Akan tetapi dari sisi hulu, pemenuhan kebutuhan susu sapi segar dalam negeri masih memiliki tantangan tersendiri.
Sejalan dengan meningkatnya jumlah kelas menengah dan kesadaran akan manfaat  susu bagi kesehatan, kecenderungan konsumsi produk hasil ternak termasuk susu juga semakin meningkat. Sayangnya, kebutuhan ini tidak diimbangi dengan kuantitas dan kualitas susu sapi lokal yang mumpuni.
Sebagai tulang punggung pemenuhan kebutuhan susu sapi segar dalam negeri, para peternak sapi lokal menghadapi berbagai tantangan dalam menghasilkan produk susu berkualitas, mulai dari lahan yang semakin terbatas hingga sanitasi yang kurang baik.
Epi Taufik, Ph.D. mengatakan" Adanya celah antara tingkat permintaan, tingkat importasi dan tingkat produksi ini selain merupakan tantangan yang harus diatasi, juga merupakan peluang ekonomi bagi bangsa Indonesia,”. Tantangan lain yang tak kalah penting ialah rendahnya minat generasi muda untuk terjun di industri peternak sapi perah. Padahal, jika dikelola secara baik sesuai Good Dairy Farming Practices (GDFP), bisnis susu sapi segar memiliki potensi ekonomi yang menguntungkan.


No comments

Powered by Blogger.