Tiga Hal Penting Pemudik Memilih Mobil Pribadi


Di Indonesia mudik ke kampung halaman merayakan Hari Raya Lebaran sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan masyarakat. Selain menggunakan angkutan masal, umumnya para pemudik memilih mobil pribadi.



Namun, sebelum bergegas menempuh perjalan jauh, pemilik kendaraan dituntut harus lebih cermat. Terutama untuk memastikan bahwa mobilnya itu dalam kondisi prima.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pemudik yang menggunakan mobil pribadi berdasarkan Auto2000.

Sebelum Perjalanan

Untuk menempuh jarak yang jauh saat mudik, servis mobil menjadi syarat utama kelancaran perjalanan. Kita bisa melakukan servis mobil guna memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima.

Jangan lupa juga untuk memeriksa cairan pendukung kinerja mobil. Seperti oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, washer kaca depan, minyak rem, dan minyak power steering.

Perawatan mobil transmisi otomatis juga dibutuhkan untuk kita pengguna mobil matik, baik konvensional maupun yang sudah menggunakan transmisi CVT.

Tidak lupa, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa kondisi ban, termasuk ban cadangan. Pastikan juga seluruh perangkat darurat seperti dongkrak, dan lainnya ada dan bisa dipakai.

Saat Perjalanan

Pengemudi diharuskan menganut prinsip safety driving. Jangan berperilaku agresif karena akan meningkatkan risiko kecelakaan. Saat ini banyak dibuka jalan tol baru. Selain itu, banyak jalan arteri baru yang telah difungsikan. Ini membuat kita punya banyak opsi rute perjalanan.

Aplikasi peta navigasi digital dapat dipakai untuk mencari rute perjalanan yang paling pas. Aplikasi ini juga bisa dipakai saat kita terjebak macet parah dan ingin mencari rute alternatif.

Jangan lupa selalu bawa kartu e-toll dengan saldo memadai. Bawa 2 kartu e-toll sebagai antisipasi saat salah satu kartu bermasalah, hilang, maupun saldonya habis.

Selain itu pastikan tangki bahan bakar selalu penuh, apalagi kalau kita memilih rute tol yang panjang. Jangan lupa siapkan beragam aplikasi hiburan untuk teman perjalanan. 

Setelah Perjalanan

Setelahnya, usah melakukan perjalanan, bukan berarti kita bisa meninggalkan mobil di garasi begitu saja. Kotoran menjadi musuh utama yang harus segera dibersihkan.

Mulai dari bagian luar, bersihkan seluruh area mobil tanpa terkecuali. Termasuk bagian kolong yang kerap terlupakan. Cobalah periksa perangkat teknis mobil. Seperti kaki-kaki, roda, lampu, dan area ruang mesin. Cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok. Segera perbaiki jika ada masalah.

Lanjut ke bagian dalam mobil. Bersihkan seluruh area kabin mobil secara mendetail. Apalagi jika kita mudik bersama anak kecil dan sering makan di dalam mobil. Remahan makanan yang tersisa bisa mengundang serangga seperti semut, bahkan tikus. Belum lagi bau tidak sedap bisa timbul.

Terakhir, sejenak intip odometer mobil karena perjalanan liburan yang panjang bisa membuat mobil sudah memasuki masa penggantian oli mesin ataupun transmisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Hal Penting Pemudik Memilih Mobil Pribadi"

Post a Comment