Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi sperma dikatakan rendah apabila jumlahnya kurang dari 15 juta/ml atau kurang dari 39 juta per ejakulasi. Biasanya, oligospermia ditandai dengan libido rendah, rasa nyeri dan pembengkakan di area testis, atau kerontokan bulu pada wajah maupun area tubuh lainnya yang juga merupakan gejala abnormalitas hormon. Berdasarkan jurnal Mayo Clinic, menurunnya jumlah sperma disebabkan faktor medis dan lingkungan. Faktor medis tersebut dapat berupa masalah ejakulasi dini, antibodi yang menyerang sperma, tumor, varicocele (bengkak pada pembuluh vena testis), kelainan kromosom, hingga kelainan bentuk testis.Sementara itu, faktor lingkungan dan paparan zat kimia juga banyak mempengaruhi kualitas sperma. Orang-orang yang sering bekerja di lingkungan dengan paparan logam berat dan industri kimia berisiko mengalami kelainan pada produksi spermanya. Radiasi dan kondisi testis yang terlalu panas pun dapat menurunkan produksi sperma. Butuh waktu setidaknya tujuh tahun agar produksi sperma kembali normal pada pria yang mengalami paparan sinar radiasi.

5 Cara Memperbanyak Air Mani Secara Alami
Berkurangnya produksi sperma merupakan masalah serius yang harus segera ditangani. Anda wajib memeriksakan kesehatan organ reproduksi dan melakukan uji fertilitas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda pun dapat mencoba cara memperbanyak air mani secara alami untuk mempercepat proses pemulihan. Beberapa cara alami yang dapat Anda terapkan meliputi:
  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan berkolesterol dan kebiasaan merokok terhadap kehidupan Anda, akan  berpengaruh langsung terhadap penurunan produksi sperma. Sejumlah studi memaparkan, perokok memiliki risiko penurunan kualitas dan produksi sperma yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat turut memperparah kondisi ini.
Ada baiknya Anda mulai meningkatkan konsumsi makanan sehat serta mengurangi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Beberapa makanan sehat yang wajib dimasukkan ke dalam diet Anda adalah:
  • Makanan dengan antioksidan tinggi
Antioksidan dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma sekaligus mencegah kerusakan. Beberapa makanan yang terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi meliputi buah beri, kacang-kacangan, teh, sayuran hijau, dan biji-bijian.
  • Makanan yang mengandung asam folat
Vitamin B9 atau asam folat berperan dalam membantu meningkatkan kualitas sperma. Anda dapat memperoleh manfaat asam folat dalam sereal, kacang-kacangan, buah-buahan masam, serta sayuran hijau.
  • Makanan yang mengandung zinc
Kualitas sperma yang buruk berkaitan dengan kurangnya asupan zinc. Tingkatkan kebutuhan zinc Anda dari kepiting, tiram, lobster, daging ayam, dan daging sapi.
  1. Konsumsi Obat Herbal Berkhasiat
Jamu herbal sudah lama dipercaya sebagai salah satu cara memperbanyak air mani secara alami yang paling ampuh. Salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat dalam meningkatkan kesuburan pria adalah pasak bumi. Berdasarkan hasil study  yang diterbitkan NCBI, tanaman dengan nama ilmiah Eurycomae longifolia. Jack ini dikenal memiliki senyawa aktif dan antioksidan yang berperan meningkatkan libido, dan mengurangi penuaan dini.
  1. Konsumsi Maca Root
Maca Root merupakan tanaman pangan yang berasal dari Amerika Latin,dikarenakan masyarakat di disekitar kawasan disitu konon giat mengonsumsi maca root demi meningkatkan vitalitas dan gairah seksual. Konsumsi 1,75-3 gram maca root kering setiap harinya dinilai efektif meningkatkan performa seksual sekaligus kualitas air mani. Meski demikian, maca root diklaim kurang efektif dalam memperbaiki abnormalitas hormon.
  1. Olahraga Rutin
Kualitas sperma pun berbanding lurus dengan aktivitas fisik pria setiap harinya. Anda dapat melakukan aktivitas kardio seperti lari, berenang, lompat tali, atau naik-turun tangga untuk meningkatkan produksi sperma.
Latihan kardio dinilai paling efektif dalam merangsang produksi sperma karena berkaitan dengan jantung. Kualitas sperma pria dipengaruhi kesehatan jantung karena organ vital ini bekerja menyalurkan darah ke seluruh organ dan jaringan. Semakin kuat jantung, aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk testis, pun semakin lancar.
  1. Hindari Penggunaan Pelumas Saat Berhubungan Seksual
Lotion pelumas banyak digunakan saat berhubungan seksual karena diklaim mampu meningkatkan sensasi dan gairah seks, namun tekstur dan kandungan dalam pelumas dapat menghadang gerak sperma bahkan menurunkan produksinya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan minyak dari tumbuhan alami yang lebih aman dan tidak memengaruhi kualitas sperma.
Sudah siap menerapkan lima cara memperbanyak air mani di atas? Jangan lupa tetap konsisten menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma"

Post a Comment