Header Ads

5 Kebiasaan Bangun Keluarga Bahagia dan Harmonis


Sebagian kebahagiaan di dunia ini adalah memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis. Setiap insan tentu mendambakan keluarga yang bahagia dan harmonis, baik itu pasangan yang baru menikah maupun mereka yang berpuluh tahun membina rumah tangga dan memiliki anak-anak.

Ilustrasi Gambar Keluarga Bahagia dan Harmonis

Membangun rumah tangga bahagia itu susah-susah gampang. Susah bagi yang tidak tahu caranya dan tidak mau tahu, gampang bagi mereka yang mau belajar dan berusaha. Sesungguhnya, pahit manis rumah tangga pasti ada tergantung bagaimana pasangan menyikapinya.

Kunci utama untuk bisa membangun keluarga yang bahagia dan harmonis adalah pada komunikasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka cobalah untuk rutin melakukan 5 kebiasaan ini di rumah:

1. Aktivitas Pagi Bersama
Waktu Pagi hari adalah waktu yang sangat penting untuk memulai kehidupan dan aktivitas rutin. Maka biasakan keluarga untuk bangun pagi dan memulai aktivitas bersama seperti beribadah, sarapan pagi atau sekedar bersih-bersih rumah dan tempat tidur. Saling mengingatkan hal-hal yang telah direncanakan sebelumnya.

2. Menonton Film Bersama
Menonton film bersama adalah salah satu cara untuk bisa mengumpulkan anggota keluarga. Disini kita bisa saling mengobrol, berbagai cerita dan bertukar pikiran. Tak harus lengkap pun tak masalah, jika hanya ada ibu dan anak.

Khusus bagi suami dan istri juga perlu rutin menciptakan waktu untuk komunikasi intens terkait rumah tangga dan pembicaraan masa depan untuk tercapainya keluarga yang harmonis.

3. Belajar Bersama Anak
Luangkanlah waktumu walaupun cuman sebentar untuk belajar bersama anak, baik itu pendidikan agama , tugas-tugas sekolah dan hal lain yang berhubungan kegiatan sehari-hari.

4. Melaksanakan Tugas Rumah Tangga
Buatlah setiap anggota keluarga harus mempunyai tanggungjawab dan memiliki tugas masing-masing ketika di rumah. Bagilah tugas bersama Anggota keluarga mulai dari memasak, bersih-bersih halaman, mengepel, cuci piring, cuci baju hingga membersihkan kamar mandi. Walaupun Anda telah memiliki pembantu rumah tangga, penting sekali apabila setiap anggota keluarga juga pernah mengerjakan urusan rumah tangga agar bisa menciptakan tanggungjawab dalam pribadi masing-masing individu.

5. Rekreasi Keluarga
Menyeimbangkan antara pekerjaan kantor dan keluarga dirumah merupakan sesuatu yang amat sangat penting. Justru terkadang malah banyak suami yang lupa untuk  meluangkan sebuah waktu untuk keluarganya dikarenakan alasan kesibukan pekerjaan. Oleh karena itu rekreasi keluarga menjadi solusi yang tepat buat orang tua yang sibuk dan jarang berkomunikasi dengan pasangan dan anak-anaknya.

Itulah kunci utama dan 5 Kebiasaan Bangun Keluarga Bahagia dan Harmonis. Semoga bermanfaat untuk kita semua sebagai bekal menjalani rumah tangga yang lebih bahagia.


No comments

Powered by Blogger.