Kim dan Trump Bertemu, Ini dia Poin Penting Yang Disepakati


Sebuah pertemuan bilateral bersejarah baru saja terjadi. Pertemuan tersebut melibatkan dua petinggi dari dua negara dengan kekuatan nuklir dunia, yaitu, Amerika Serikat dan Korea Utara.


Seperti diketahui bersama kedua negara tersebut telah secara turun menurun dan dalam waktu yang panjang sejak perang Korea, berseteru. Point pertentangan tentu saja soal ideologi, perseteruan ideologi ini belakangan menegang, saat petinggi kedua negara sempat saling mengultimatum akan  saling serbu.

Namun untungnya ketegangan tersebut tampaknya menemui titik temu. Setelah terjadinya pertemuan yang berlokasi di Hotel Capella, Singapura.

Di pertemuan itu pula, Kim menegaskan kembali komitmennya untuk segera mewujudkan proses denuklirisasi di wilayah Semenanjung Korea.

Berbalas hal yang sama, Presiden AS, Donald Trump, juga mengeluarkan statemen terkait hal tersebut, dimana AS akan memberikan jaminan keamanan pada Korut.

Ini tentu saja hal yang sangat mengembirakan mengingat ketegangan yang sempat memuncak belakangan, lebih lagi pernyataan Kim Jong Un,”sesaat lagi dunia akan menyaksikan perubahan besar”, dinilai banyak pihak akan menjadi klimaks bagi berakhirnya perseteruan nuklir AS-Korut, sekaligus melemaskan hubungan dua negara Semenanjung Korea, Korsel dan Korut sendiri.

Seperti dilansir dalam Channel News Asia, Selasa (12/6), berikut ini butir-butir penting dari poin kesepakatan kedua negara.

1. AS dan Korut akan berkomitmen penuh dalam hal hubungan sesuai keinginan rakyat kedua negara, demi mewujudkan perdamaian sekaligus kesejahteraan.

2. Perdamaian abadi yang selama ini diimpikan di Semenanjung Korea akan segera diwujudkan, berikut pembangunan progressif bagi masing-masing negara di Semenanjung Korea.

3. Deklarasi Panmunjom, 27 April 2018 silam yang isinya Korea Utara berjanji akan menjalankan denuklirisasi di Semenanjung Korea akan segera direalisasikan.

4. Sisa-sisa tahanan perang dari era perang Korea antara AS dan Korut akan dikembalikan, yang sekaligus diikuti langkah pemulangan terhadap para tahanan yang sudah teriidentifikasi.

Sebagai tindak lanjut atas poin-poin kesepakatan diatas, kedua negara hendak melanjutkan dengan pertemuan penandatanganan nota kesepahaman.

Selain pernyataan dari Kim Jong Un yang menyatakan bahwa pertemuan tersebut berjalan sesuai rencana sekaligus akan membawa dampak positif untuk kedua negara khususnya serta perdamaian dunia umumnya, Donald Trump juga menyatakan persetujuan untuk statement Kim Jong Un tersebut.

Trump berpikir kalau, pertemuan tersebut berlangsung dengan sangat lancar sekaligus berjalan dengan baik lebih dari yang diharapkan.

Menutup dengan pernyataan yang mengembirakan, Kim berujar,”Ini adalah pertemuan bersejarah dan Kami (Korea Utara) telah memutuskan untuk meninggalkan masa lalu. Untuk itu, saya sampaikan hormat yang mendalam pada Presiden Donald Trump yang telah menjadikan hal ini terwujud”. (sumber: merdeka.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kim dan Trump Bertemu, Ini dia Poin Penting Yang Disepakati"

Post a Comment