Mudik Lebaran 2018, Angkasa Pura II Catatkan Kenaikan Penumpang 13 Persen


Musim mudik jelas menjadi waktu dimana moda transportasi, darat laut maupun udara mengalami kenaikan penumpang. Ini tak pelak lagi, pasalnya, banyak orang ingin bersegera untuk tiba di kampung halaman begitu cuti bersama lebaran dimulai.


Ini berlaku untuk segala jenis moda transportas, baik darat, laut, maupun udara. Semua beroperasi dalam kondisi peak season, banjir penumpang.

Untuk tahun ini, PT Angkasa Pura II melaporkan adanya pergerakan penumpang berdasar dari pantauan selama musim mudik lebaran, sejak H-8 hingga H-5 yang lalu ada kenaikan sampai 13 persen.

Melalui Dirutnya, Muhammad Awaluddin, AP II (Angkasa Pura II) mencatatkan adanya kenaikan sampai 300 persen dalam hal penumpang. “Sejak pantauan dari H-8 sampai H-5 lebaran 2018 ini, Kami sudah mencatat adanya pergerakan sampai 1,4 juta orang penumpang, ini termasuk peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya”, demikian Muhammad Awaluddin menegaskan, ketika dikonfirmasi awak media di Bandara International Halim, Jakarta.

Lebih lanjut, Awaluddin juga menambahi,”sampai tanggal 24 juni 2018 nanti, kami memprediksi akan ada kenaikan sampai 3,6 juta. Prediksi ini kami ambil sebelum posko dimulai, kalau berpijak pada perhitungan yang sekarang bisa jadi akan tembus sampai angka 4 juta. Ini kami ambil berdasar dari pergerakan pesawat dari 15 bandara dibawah koordinasi kerja kami yang sudah tembus sampai angka 8.000 an”.

Selain menyampaikan tentang signifkansi kenaikan pergerakan pesawat serta lonjakan penumpang ketimbang tahun sebelumnya, Awaluddin juga menyampaikan,”sejak 4 hari kemarin, setidaknya sudah ada 1.396 extra flight (penerbangan tambahan) diajukan oleh maskapai”.

Dengan adanya penambahan penerbangan ini tak pelak, tentu berdampak pada jumlah penumpang yang bisa diangkut dalam musim mudik 2018 ini.”Semua yang masuk dan keluar, terpantau lewat kami (PT Angkasa Pura II). Termasuk dengan adanya penambahan penerbangan, maka selanjutnya akan ada seat capacity tersedia untuk mengangkut hampir 300 ribuan”, demikian tukas Awaluddin menambahi.

Untuk menyiasati lonjakan ini pihak PT Angkasa Pura II mengaku sudah menyiapkan opsi guna meningkatkan layanan pada para penumpang dalam waktu belakangan.”Sudah disiapkan opsi sebagai jalan keluar antisipasi lonjakan penumpang, termasuk meningkatkan operasional bandara sampai 24 jam”, demikian seperti disampaikan dirut PT AP II Muhamad Awaluddin menutup perbincangan itu.

Dengan pernyataan yang muncul dari Dirut PT Angkasa Pura II terkait dengan kesiapan menghadapi lonjakan penumpang untuk musim mudik kali ini. Tentu masyarakat yang memilih moda angkutan transportasi udara tak perlu lagi merasa cemas dan was-was akan kehabisan seat capacity. Adanya penambahan penerbangan serta jam operasional bandara menjadikan warga lebih tenang dan nyaman dalam musim mudik 2018 ini. (sumber: www.merdeka.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudik Lebaran 2018, Angkasa Pura II Catatkan Kenaikan Penumpang 13 Persen"

Post a Comment